Minggu, 06 Maret 2011

UKS SMA NEGERI 1 SURAKARTA

Usaha kesehatan sekolah atau yang biasa disebut UKS, merupakan tempat yang biasa digunakan anggota sekolah untuk beristirahat sejenak jika merasa tubuh kurang sehat. Jika merasa kurang enak badan di sekolah, sebagian besar siswa memilih untuk datang ke UKS untuk sekadar meminta obat atau beristirahat.

SMA Negeri 1 Surakarta memiliki sebuah UKS yang kondusif. Selain letaknya yang menghadap langsung ke areal taman SMA Negeri 1 Surakarta, peralatan di UKS SMA Negeri 1 Surakarta juga dapat dikatakan cukup lengkap, mulai dari alat ukur massa, alat ukur tinggi badan, alat ukur tekanan darah/tensimeter, stetoskop, dan lainnya, hingga ketersediaan obat-obat dasar yang dapat digunakan untuk pertolongan pertama.

Untuk fasilitas, terdapat empat buah tempat tidur yang dibagi menjadi dua bagian –masing-masing dua– untuk putra dan putri yang ingin beristirahat di UKS.

UKS SMA Negeri 1 Surakarta dipelihara oleh PMR dan Ibu Kus sebagai petugas UKS. Ibu Kus menjaga UKS, mengurus semua yang ada di UKS, dan melakukan penjagaan penuh selama kegiatan belajar berlangsung. Anggota PMR tidak menjaga UKS ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. Tetapi, PMR juga mempunyai tugas untuk memelihara dan menjaga UKS, karena UKS merupakan tempat bergeraknya PMR.

Tugas PMR di bidang UKS seperti berjaga saat upacara di sekolah, untuk mengantisipasi jika ada siswa yang sakit atau gangguan kesehatan, melengkapi obat-obatan milik PMR, menjaga kebersihan dan kerapian UKS, menginventarisasi barang-barang PMR, seperti bidai, mitela, dan tandu, dan mempersiapkan obat-obatan jika ada suatu organisasi yang membutuhkan bantuan PMR. Kadang UKS juga digunakan untuk rapat kecil PMR, karena UKS merupakan tempat kebanggaan milik PMR dan dapat dikatakan “markas PMR”.

Di UKS terdapat dua tempat obat, yang pertama milik sekolah yang dijaga Ibu Kus yang biasa digunakan saat kegiatan belajar berlangsung. Dan yang kedua kotak obat milik PMR yang biasa dipakai untuk berjaga upacara, berjaga saat organisasi lain membutuhkan bantuan, dan yang biasa dipakai saat ada yang membutuhkan namun di luar jam pelajaran.

Melalui UKS, anggota PMR dapat memanfaatkan ilmu yang dimiliki untuk membantu mengobati orang sakit, walaupun tidak secanggih dokter. Selain itu, UKS SMA Negeri 1 Surakarta juga mendatangkan dokter setiap hari Senin dan Kamis. Jadi, bagi warga sekolah yang ingin berkonsultasi masalah kesehatan, dapat dilakukan di UKS SMA Negeri 1 Surakarta

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo