Minggu, 10 Maret 2013

DIKLAT dan PELANTIKAN PMR Wira SMA N 1 Surakarta



Hal yang paling ga asing dan jadi perhatian di PMR itu salah satunya jumlah anggotannya! Iya kan?? Pasukannya paling banyak dibanding ekskul-ekskul  lain.  Sebenarnya  dengan jumlah anggota yang banyak, itu sudah menunjukan kalo remaja sekarang itu banyak yang masih memiliki hati baik dan berjiwa relawan =) Tapi, bukan berarti masuk dengan sukarela  trus menjalani dengan suka-suka-an, dong..  Mau dibawa kemana coba PMR smansa??
‘Sersan’. Salah satu hal yang di utamakan di Keluarga PMR Wira Smansa. Apa sih Sersan itu??
                Yang pasti, kita bakal seneng-seneng, ketawa-tawa, teriak-teriak dengan keadaan seneng, sedih, nangis, galau, gundah gulana, atau apa pun. Yang jelas itu akan dilakuin oleh ‘Kita’. Bukan ‘Kamu’, ’Dia’, ’Aku’, ‘Kami’ atau pun ‘Mereka’. Penasaran kan?? Pecahin penasaranmu dengan bergabung menjadi bagian dari keluarga kami!
Masuk dengan sukarela, maka ngejalaninya juga dengan sukarela!
                Untuk urusan kemanusiaan, ga perlu pake syarat, biar alamlah yang menentukan siapa yang pantas menjadi seorang relawan. Yang harus kita lakuin, denger hati kita, ikuti apa mau nurani kita. Dengan gitu, kita ga perlu tau apa aja kriteria alam. Karna dengan gitu, alam lah yang akan menyesuaikan dengan kita. Percaya ga?? Buktiin sendiri disini!
Mempertahankan memang lebih sulit dari pada memulai.
                Sering kan kita ngrasain yang manis banget diawal?? Dan sedikit dari kita yang tetep ngrasain di akhir. Itu sih udah wajar. Nah di keluarga PMR Wira Smansa, kita bakal ngrasain hal sedikit itu. Kita bakal ngrasain yang manis di awal dan akhir! Yang tengah, itu sensasinya tiap tahun.. =D
                Seperti yang dibilang tadi, awalnya memang indah dan sulit untuk dipertahankan. Nah, salah satu cara untuk mempertahankan, kami punya cara jitu. Sebelm seorang rewalan benar-benar dikatakan sebagai relawan yang sebenarnya, tentulah ada sesi dimana mereka meyakinkan alam. Nah di tahun ini, sesi tersebut dilaksanakan dengan cara yang berbeda. 
Peserta diklat ruang menyanyikan Mars PMI
                Hal pertama, sebelum para calon sukarelawan berikrar janji, mereka harus di beri bekal dulu. Karna relawan itu bekerja di lapangan, maka bekalnya ada dua bekal ruang dan juga lapang, semuanya terangkum dalam Pendidikan dan Pelatihan PMR Wira SMAN 1 Surakarta. Tahun ini, diklat ruang Cuma 3 hari aja. Yang berati lebih cepat sehari dari tahun sebelumnya. Tapi, bukan berarti materinya lebih dikit lo.. 
                 Diklat ruang diadain setelah para calon relawan masa depan pulang sekolah. Ga capek ya mereka?? Enggak dong, kan mereka calon relawan, yang siap mengabdi untuk alamnya.
Pembawaan materi
                Untuk yang Lapang, tahun ini diadain dengan acara nginep loh.. karna yang diinginkan, untuk menjad relawan yang baik, kita ga boleh mengeluh, dan harus menerima bagaimana alam kita. Jadi, biar lebih mantap lagi, Diklat lapang diadain 2 Hari di Bumi Perkemahan(Bumper) Delingan, Karanganyar. Semuanya Alhamdulillah berjalan dengan baik =) Oya, tahun ini diklatnya di ketuai oleh Mas Subhi dan di prakarsai oleh TIM 3 S (Solid, Satu, Semangat).

             Selanjutnya, setelah dirasa cukup untuk pelatihan para dalon relawan masa depan, maka diadakan pembuktian untuk mereka. Pembuktian ini biasanya dilaksanakan di sekolah tercinta, SMAN 1 Surakarta. Namun, kali ini TIM 3 S mengadakannya di Sarana Gedung Olahraga (SGO) Kampus II UNS.  Lagi – lagi memang berbeda dari tabiatnya, tapi gapapa, karna ini tujuannya baik, untuk mempersiapkan “Volunteer of the NewAge” ya, itu tujuannya TIM 3 S. 

            Acara pembuktian yang di ketuai oleh Mas Mahesa ini, juga berjalan dengan lancer. Dan hasil dari serangkaian acara ini, para relawan masa depan ini, telah mendapatkan sejumlah prestasi di dunia PMR pada bulan yang sama.

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo