Sabtu, 12 Juli 2014


PELANTIKAN PMR WIRA
SMA NEGERI 1 SURAKARTA

Pelantikan PMR Wira merupakan kegiatan lanjutan dari rangkaian kegiatan Pendidikan dan Pelatihan PMR Wira bagi calon anggota PMR Wira SMA Negeri 1 Surakarta yang dilaksanakan oleh anggota PMR Wira SMA Negeri 1 Surakarta sebelumnya di setiap tahunnya. Tidak cukup hanya dengan kegiatan ekstrakulikuler ataupun kegiatan lainnya, pengetahuan serta pengalaman para generasi penerus harus digenjot dengan beberapa cara salah satunya adalah kegiatan pelantikan ini.
Adapun tujuan diadakan kegiatan ini adalah sebagai berikut :
1)      Meningkatkan dan memantapkan ilmu kepalangmerahan.
2)      Membentuk insan yang berbudi luhur, prima, berwawasan luas, kreatif, berjiwa sosial tinggi, serta memiliki rasa solidaritas terhadap sesama manusia yang tinggi pula.
3)      Memupuk rasa kebersamaan dan meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia.
4)      Arena temu kangen antar angkatan.
Selain hal-hal tersebut tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memantapkan ilmu kepalangmerahan dan kemampuan berorganisasi yang telah didapati calon anggota PMR Wira sebelumnya. Kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kualitas calon anggota PMR Wira pada khususnya dan siswa-siswi SMA Negeri 1 Surakarta pada umumnya pada bidang kepalangmerahan, sehingga mampu membentuk insan yang berbudi luhur, mandiri, berani, tangkas, berwawasan luas, kreatif, dan berjiwa sosial tinggi.
Pelantikan ini biasa diadakan selama 1 hari 1 malam atau disesuaikan dengan keadaan pembelajaran di sekolah, sedangkan dalam pelaksanaan diadakan beberapa kegiatan untuk melatih kekompakan serta meningkatkan pengalaman tiap anggota.
Kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut (menurut data pelantikan tahun 2012/2013) : 
Pada hari pertama (pada sore hari) :
1)      Daftar Ulang peserta.
2)      Pembukaan oleh Pembina dan ketua panitia.
3)      Ishoma.
4)      Sharing-sharing.
5)      Jurit malam.
Pada hari kedua :
1)      Ishoma.
2)      Olahraga.
3)      Tour kepalangmerahan.
4)      Ishoma.
5)      Sarasehan.
6)      Pelantikan dan penutupan.
7)      Pulang.
Acara utama atau yang paling ditunggu dalam pelantikan ini adalah tour kepalangmerahan. Tour kepalangmerahan merupakan kegiatan semacam long march dimana calon aggota PMR Wira dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melintasi berbagai pos dan jalur yang telah disiapkan oleh para panitia. Jarak yang biasa digunakan biasanya berkisar 10 km, tidak mudah untuk menjalaninya karena jaraknya yang jauh ditambah dengan tugas-tugas yang akan di berikan di pos-pos yang mereka jumpai nantinya. Namun hal tersebut dapat dihiraukan, dapat dihilangakan dengan rasa kebersamaan dan semangat yang membara dan rasa saling berkompetisi untuk menjadi yang terbaik.
Sedangkan pos dalam tour kepalangmerahan ini adalah sebagai berikut :
1)      Pos sarapan pagi
Pada pos ini panitia memberikan beberapa bahan makanan kepada para peserta untuk dicampur adukan lalu dimakan oleh para peserta dan harus terbagi rata antara yang satu dengan yang lain. Bahan makanan yang di beri biasanya adalah air, biskuit bayi, bawang, dan bahan lainnya yang dapat membuat perut merasa mual. Tujuan dari hal ini adalah untuk meningkatkan rasa saling peduli membantu temannya yang mual merasakan makanan tersebut, sesama teman harus saling tolong menolong  walaupun hanya sebatas hal yang kecil sekalipun.
2)      Pos Pertolongan pertama
Pada pos ini peserta diberi berbagai kasus cedera mulai dari yang ringan hingga berat, tujuan dari hal ini untuk melatih kekompakan dalam menanggapi berbagai macam cedera, banyak hal-hal kecil yang menjadi kesalahan bagi mereka namun setelah pelaksanaan PP selesai, pembimbing akan memberikan pengarahan atau sebuah evaluasi dari kesalahan yang dilakukan.
3)      Pos menyanyi
Pada pos ini para peserta diperintahkan untuk menyanyikan mars SMA Negeri 1 Surakarta, mars PMI, lagu wajib maupun lagu dolanan. Tujuan dari pos ini adalah mengecek kehafalan para peserta dalam menyanyikan syair lagu sebagai bukti bahwa peserta adalah seorang PMR Wira SMA Negeri 1 Surakarta yang menjunjung tinggi mars kandungan mars PMI dan SMA Negeri 1 Surakarta.
4)      Pos games
Pada pos ini peserta memainkan sebuah games tali yang sebelumnya telah diberikan peraturan oleh seorang panitia, tujuan dari games ini adalah melatih kekompakan dan kebersamaan.
            Dan masih ada lagi pos-pos yang lain yang tentunya sangat seru. Sedangkan hal yang paling utama dalam kegiatan pelantikan ini adalah saat momen pelantikan dimana para peserta diberikan syal berwarna kuning yang merupakan kebanggan PMR Wira SMA Negeri 1 Surakarta dan sebagai penanda bahwa calon PMR Wira SMA Negeri 1 Surakarta telah sah menjadi anggota PMR dan penerus organisasi PMR Wira SMA Negeri 1 Surakarta.

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo