Sabtu, 12 Juli 2014


Rekruitmen Calon Anggota
PMR Wira SMA Negeri 1 Surakarta
Dalam Parade Ekskul Smansa


PMR Wira SMA Negeri 1 Surakarta telah mengadakan rekruitmen calon anggota PMR Wira SMA Negeri 1 Surakarta dalam acara Parade Ekskul Smansa (PES). Acara yang menampilkan penampilan seluruh ekstrakurikuler Smansa itu diselenggarakan oleh MMPK/OSIS SMA Negeri 1 Surakarta. PES dilakukan setiap setahun sekali, yakni saat awal tahun ajaran baru. Dan pada tahun ajaran 2013/2014, PES jatuh pada hari Sabtu, 17 Agustus 2013. Waktu diselenggarakannya PES sangat strategis mengingat kegiatan ekstrakurikuler masih belum berjalan efektif.
            Proses PES tahun ajaran 2013/2014 kurang lebih sama dengan tahun sebelumnya. Bedanya, kami mengadakan PES setelah Masa Orientasi Siswa (MOS). Teknisnya adalah sebagai berikut:
1.      Beberapa minggu sebelum dilaksanakannya PES, seluruh ekstrakurikuler sudah mendapatkan nomor urut untuk maju menampilkan ekstrakurikulernya di depan kelas X.
2.      Seluruh ekstrakurikuler yang sudah mendapatkan nomor urut diberikan waktu selama 2 minggu untuk mempersiapkan segala sesuatunya.
3.      Pada saat hari H, siswa-siswi kelas X dibawa menuju lapangan depan SMA Negeri 1 Surakarta dan duduk dengan formasi letter U. Disana sudah ada panitia dari MMPK/OSIS yang menghandle acara PES.
4.      Ekstrakurikuler maju menampilkan penampilannya di tengah-tengah formasi letter U. Ekstrakurikuler yang maju boleh memberikan souvenir kepada siswa-siswi kelas X sembari mencatat siapa saja yang tertarik untuk bergabung di ekstrakurikuler tersebut.
5.      Untuk memaksimalkan rekruitmen, kami dari PMR juga memasuki tiap-tiap kelas untuk menanyakan kembali tentang siapa yang berminat untuk bergabung menjadi PMR Wira SMA Negeri 1 Surakarta.
Dalam persiapannya, kami mempersiapkan segala sesuatunya bersama-sama. Waktu liburan pun kami gunakan untuk merundingkan PES ini. Dan akhirnya, sesuai dengan keputusan yang kami ambil dengan cara musyawarah, kami memilih untuk menampilkan drama.
Liburan panjang pun kami manfaatkan untuk mempersiapkan konsep cerita, pemeran, dan properti. Dalam PES tahun ini, PMR Wira SMA Negeri 1 Surakarta menampilkan drama kepalangmerahan. Drama ini menceritakan tentang seorang remaja laki-laki yang tertimpa musibah kecelakaan ketika sedang jalan-jalan bersama pacarnya. Dan tentu saja, seorang remaja laki-laki itu akhirnya ditolong oleh relawan PMR Wira SMA Negeri 1 Surakarta. Dengan ditampilkannya drama tersebut, kami berharap adik kelas mengerti tentang arti tolong menolong dan mengenal jiwa relawan yang dikenalkan dalam PMR. Untuk menunjang penampilan kami, kami membuat properti drama berupa mobil-mobilan dari kardus. Lalu, kami juga memilih pemeran untuk drama ini. Kami memilih pemeran yang cocok, terutama untuk pemeran PMR Wira Smansa harus mempunyai keahlian Pertolongan Pertama. Pemeran drama kepalangmerahan kami adalah sebagai berikut:
1.        Laki-laki remaja : Wisnu Skunda M
2.        Pacar laki-laki remaja : Renita Agustina H
3.        PMR Wira Smansa : Azinuddin I H, Dhimas S B, dan Nisriina L
4.        Narator : Mega Ayu K dan Talika Rifen H
5.        Pohon : Arden Ridho Ilham S
Tidak hanya lewat penampilan drama, kami juga memasuki tiap-tiap kelas X untuk mengajak kembali adik-adik agar tertarik ikut PMR Wira SMA Negeri 1 Surakarta. Teknis sosialisasi ke tiap-tiap kelas adalah sebagai berikut:
1.        Tiap ekstrakurikuler mendapatkan waktu selama 10 menit untuk tiap kelasnya. Waktu dan perpindahan ke kelas berikutnya sudah diatur oleh koordinator lapangan.
2.        Dianjurkan untuk membagikan pamflet ekstrakurikulernya dan menempelkannya ke papan pengumuman. Pamflet berisi hari/tanggal pertemuan pertama, waktu pertemuan pertama, dan contact person.
3.        Di akhir sosialisasi, kami mencatat siapa saja yang tertarik lagi untuk bergabung ke PMR Wira SMA Negeri 1 Surakarta.
Setelah melalui PES, kami mempunyai calon anggota yang tertarik untuk bergabung menjadi bagian dari PMR Wira SMA Negeri 1 Surakarta. Ada 53 anak yang mendaftar menjadi anggota PMR Wira SMA Negeri 1 Surakarta. Mereka berasal dari kelas reguler maupun akselerasi. Data calon anggota yang mendaftar di PES adalah sebagai berikut:
NO
NAMA
KELAS
1
Abrianto Siliwangi
X IPA 7
2
Annisa Amalia R
X Aksel 3
3
Ardya W E
X IPA 3
4
Aristia Yossica P
X IPA 3
5
Arsatiesa Temara Adhima
X IPS 2
6
Atiqah Laila Wahyuningtyas
X IPA 6
7
Augi Putra F
X IPA 6
8
Aulya Yasifa Narwienda
X IPA 4
9
Aurora Ayu Kusuma
X IPA 6
10
Azhari Hasna L
X Aksel 1
11
Bagas Mulya W
X IPA 1
12
Classica Harsya Nawastha
X IPS 3
13
Dewi Permatasari
X Aksel 2
14
Dhea Hafifa Nanda
X IPS 2
15
Dian Rohiana Luthfiani
X Aksel 2
16
Dody Kondang Dewantara
X IPS 1
17
Dwi Puji Lestari
X IPA 3
18
Dzakiyyah Rahma Khorunnisa
X IPS 2
19
Elisa Fatmawati
X IPA 3
20
Faitha Kharis P
X IPA 5
21
Fatimah Az-Zahra
X IPA 2
22
Febri Cahya S
X IPA 6
23
Hafidza Firdaus A
X IPA 2
24
Hanif Sirajuddin
X Aksel 2
25
Hanna
X IPA 5
26
Hijriyan Elman K A
X IPA 3
27
Indri Nadiya Monalisa
X IPS 2
28
Juwita Rismawati
X IPA 6
29
Khadija Lung Ayu
X IPA 6
30
Khotifah Haning M S
X IPA 4
31
La-dibba Aulia W
X IPS 3
32
Miftakhul Nurjannah
X IPA 3
33
Muh. Ihza Fathoni
X IPA 4
34
Muh. Yossan Yasykur
X Aksel 2
35
Nada Nugraheni
X IPA 6
36
Nadhila Mutia Afsari
X Aksel 3
37
Plasidius Arga A
X IPA 1
38
Ririn Prabandari
 X IPS 3
39
Rizqia Grandis R
X IPA 7
40
Ryzki Tri Utamy
X IPA 2
41
Salehah Nuladani H
X Aksel 1
42
Saskia Devi M
X IPS 1
43
Sekar Ayu Salsabila
X Aksel 3
44
Silma Viradilla Rikhma
X IPS 3
45
Temaram Sendyakala J
X IPS 3
46
Uning Qori Rohmatiwi
X IPA 3
47
Vania Putri Aji
X IPA 6
48
Vica Agustin Suryaningrum
X IPS 2
49
Wening Amumpuni
X IPS 1
50
Wening Dyah W
X Aksel 3
51
Wilda Rizky Saputri
X IPA 4
52
Yentin Dwika Octari
X IPA 3
53
Ziyad Yusuf Khusai I.
X Aksel 2

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo